Telah diketahui bahwa penduduk di Indonesia mayoritas beragama Islam dan para perempuannya pun banyak yang mengenakan kerudung. Lihat saja fenomena yang terjadi sejak tahun 2011 ketika komunitas Hijabers yang diperkenalkan oleh Dian Pelangi mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia terutama perempuan.

Berkat komunitas tersebut, gaya keseharian para perempuan berkerudung menjadi lebih modis dan trendi. Perempuan yang memakai kerudung pun berlomba – lomba mengikuti komunitas tersebut karena didalamnya selain berkumpul mendengarkan ceramah dan bertukar pikiran, komunitas tersebut juga menyediakan tutorial hijab dan make up class. Siapa yang tidak tertarik?

Saat ini, anggota komunitas tersebut semakin banyak dan disertai dengan pro – kontra tentunya. Kata hijab atau tutorial hijab menjadi populer berkat komunitas tersebut. Tidak jarang, perempuan berkerudung di Indonesia lebih senang menyebutkan kata hijab dibandingkan berkerudung sebagai sebutan penggunaan (contohnya memakai hijab = memakai kerudung). Ditambah dengan para perempuan muslimah diluar negeri menyebut – nyebut hijab.  Maka pelan – pelan kata berkerudung pun mulai tergeser. Kata hijab dinilai lebih modern dan trendi dibandingkan berkerudung. Jika kita melihat beberapa tahun kebelakang, tepatnya tahun 90-an perempuan yang mengenakan kerudung terlihat kolot dan tidak trendi. Namun saat ini banyak sekali perempuan yang mengenakan kerudung trendi.

Apakah kita tahu arti sebenarnya tentang hijab? Apakah hijab itu sama dengan kerudung?

Perlu diketahui, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi. Dapat dilihat pula surat al-ahzab : 59 yang mengatakan seputar hijab. Disana terdapat kalimat yang bermakna menutupi ke seluruh tubuh (www.suara-islam.com).

Jadi dapat dikatakan, hijab merupakan penutup dari ujung kepala hingga kaki. Kata hijab kurang tepat jika digunakan untuk menyebut penutup kepala. Berkerudung merupakan bagian dari hijab namun hijab tidak sama dengan berkerudung.

Apa yang terjadi saat ini? Apakah kita salah?

Tidak salah jika para perempuan berkerudung menyebutkan kata berhijab. Hijabers Community pun tidak salah memakai kata tersebut untuk menyebut gaya berpakaian mereka. Jika kita lihat lebih teliti, pakaian yang digunakan oleh para pengurus hijabers sangat memperhatikan ujung rambut hingga kaki, tidak hanya soal berkerudung saja.

Disini telah terjadi salah penafsiran tentang makna hijab. Kita tahu ada banyak sekali motif yang mendasari perempuan mengenakan kerudung. Semoga saja, sekarang kita semua mulai paham arti hijab yang sebenarnya dan tidak sekedar ikut tren fashion yang ada tanpa alasan.

Comments

comments

Sebenarnya, Apa itu Hijab?

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>