Perempuan berkerudung tentu tidak bisa seenaknya dalam berpakaian sehari – hari. Tentu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dari ujung kaki hingga ujung kepala. Sebelumnya telah disampaikan berbagai tips seputar pemakaian aksesoris hijab. Namun tips aksesoris saja tidak lengkap jika kita tidak mengetahui aturan dalam berpakaian. Berikut ini sembilan aturan berpakaian bagi perempuan hijabers yang dilansir dari majalah Paras :

1. Pilih gaya busana yang sesuai dengan kepribadian anda

Setiap perempuan pasti memiliki kepribadian yang berbeda – beda. Jika kamu memiliki kepribadian periang maka kamu bisa memilih gaya busana yang tidak biasa dan berwarna cerah. Namun jika kamu cenderung pendiam dan kalem, disarankan untuk memilih gaya berbusana yang konvensional dan berwarna hitam, abu, atau putih.

2. Sesuaikan motif dan potongan busana dengan bentuk tubuh agar terlihat sepadan.

Tentu kita memiliki bentuk tubuh yang berbeda dan kita harus pandai menyiasatinya. Jika kamu memiliki bentuk badan yang kurus dan ingin terlihat berisi maka kamu disarankan untuk memakai busana dengan gaya tumpuk atau memilih ukuran baju yang lebih besar satu tingkat dari ukuran normalmu. Jika kamu ingin memakai motif garis, disarankan untuk memilih garis horizontal atau mendatar karena akan memberikan kesan berisi pada penampilanmu.

3. Gunakan koleksi busana yang ada lalu padupadankan sehingga menemukan gaya baru.

Setiap perempuan pasti merasakan kebingungan ketika melihat isi lemarinya terlebih lagi kamu yang bergaya konvensional. Jika memilih baju janganlah tergesah – gesah. jika kamu akan beraktivitas di pagi hari maka sebelumnya kamu sudah harus mempersiapkan baju yang pas untuk esok hari agar kamu bisa bereksperimen dengan bebas.

4. Kenakan pakaian sesuai aktivitas yang akan dijalani.

Jika kamu akan pergi ke pesta, maka kenakan pakaian yang elegan. Kamu harus bisa menyesuaikan pakaian dengan aktivitasmu. Jika kamu kebingungan maka mintalah bantuan kepada temanmu atau saudaramu.

5. Pergunakan kerudung yang tidak menimbulkan panas.

Pemilihan kualitas kerudung akan sangat menentukan kenyamananmu saat beraktivitas. Bukan tidak mungkin jika kamu tidak nyaman dengan kerudung yang kamu kenakan maka mood-mu akan langsung hancur.

6. Sesuaikan jenis kerudung dan ciput sesuai dengan wajah dan busana yang akan dikenakan.

Saat ini sudah banyak tersedia variasi ciput dan kerudung. Kamu bisa berekspresi dengan mudah. Jika kamu ingin memakai kerudung turban maka ciput yang kamu kenakan haruslah menutupi lehermu.

7. Koleksi berbagai kerudung dasar dan aksesoris untuk kreasi kerudung.

Kamu harus memiliki kerudung warna dasar. Hal itu bukan hanya sebagai aksesoris penambah gaya busanamu tapi juga bisa kamu manfaatkan jika ingin bergaya minimalis. Warna dasar seperti hitam, putih, biru, merah sangat dianjurkan untuk kamu miliki. Aksesoris pun seperti kalung, headband, anting, dan bros bisa menjadi alternatif dalam gaya berpakaianmu.

8. Percaya diri dengan apa yang anda kenakan dalam berbusana

Pakaian yang bagus dan fashionable akan turun nilainya jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri. Jangan pernah memandang remeh hal ini. seseorang dengan pakaian yang biasa akan terlihat menarik jika ia sangat percaya diri saat mengenakannya.

9. Tetap syar`i dalam berpakaian.

Tentu, bermain fashion di agama islam berbeda dengan fashion secara umum. Kita memiliki aturan dalam berpakaian terutama berpakaian seorang muslimah. Tapi jangan anggap aturan tersebut sebagai pengekang. Justru aturan tersebut ada untuk membuat kita semakin kreatif.

Jadi sekarang kamu sudah tahu aturan – aturan yang harus diketahui sebelum bermain di dunia fashion hijabers. Ingat! Jangan jadikan aturan tersebut beban dan membuatmu ingin melepas hijab. Justru jadikan aturan tersebut sebagai pengingat jika kamu kebingungan. Sudah mengikuti aturan diatas dan masih bingung juga? Maka kamu disarankan untuk konsultasi langsung kepada pakar fashion muslimah.

Comments

comments

9 Aturan Berpakaian Perempuan Hijabers

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>