Untuk hidup sehat tentunya kita harus berolahraga, tapi beberapa orang mengurungkan niatnya untuk berolahraga karena dirinya menggunakan jilbab. Tapi nyatanya jilbab sama sekali tidak membatasi seseorang untuk berolahraga, kini banyak atlet-atlet dunia yang tetap berprestasi dan cantik dengan menggunakan jilbabnya. Kini jaman telah berubah dan paradigma masyarakat tentang jilbab pun berubah seiring berubahnyanya zaman.

Olahraga yang sedang ramai dilakukan saat ini adalah free run atau lari bebas. Biasanya dilakukan di lapangan atau kompleks olah raga dengan menggunakan outfit khusus untuk berolahraga. Kebanyakan orang khususnya wanita menggunakan celana pendek atau legging untuk olah raga yang satu ini, lengkap dengan tanktop atau jaket untuk keatasan dan sepatu khusus free run yang sedang digandrungi kaum muda belakangan ini seperti adidas, nike, asics, reebok, new balance, dll.

Kini perempuan berhijab sudah semakin banyak bisa ditemui di kompleks olahraga dengan style mereka sendiri. Walaupun syar’i, tidak sedikit dari mereka yang tetap stylish dan good looking dengan style yang mereka kenakan.

Selain lari, olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah adalah renang. Pakaian renang kini tidak hanya terbatas kepada swimsuit dan bikini saja, di pasaran sudah banyak dijual pakaian renang khusus untuk perempuan berhijab. Selain itu sekarang sudah banyak kolam renang yang dikhususkan untuk para perempuan berhijab. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan masih banyak kota-kota lainnya yang mempunyai kolam renang khusus muslimah. Jadi anda tidak perlu ragu untuk berenang bebas di kolam khusus muslimah.

Olah raga adalah cara agar kita tetap sehat dan bisa tetap aktif melakukan kegiatan sehari-hari, sementara hijab adalah pakaian yang menjaga kita agar tidak mengumbar aurat dan tetap menjadi muslimah yang bermartabat.

Dengan tetap menggunakan hijab, wanita muslimah tetap dapat melakukan olah raga seperti layaknya kaum pria, hanya kita perlu menyiasati dengan menggunakan bahan yang sesuai untuk kegiatan olah raga, model yang sesuai dengan kegiatan olah raga sehingga kegiatan olah raga tetap bisa dilaksanakan.

Memilih tempat-tempat khusus wanita juga menjadi salah satu solusi, seperti disebutkan di atas bahwa saat ini terdapat tempat-tempat atau sarana olah raga yang dibuat khusus untuk wanita muslimah yang berhijab.

Selamat berolahraga dan semoga sehat selalu 🙂

-yog-

Comments

comments

Olahraga? siapa takut!

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>