Rambut sehat tentunya menjadi dambaan semua wanita termasuk yang berhijab. Perempuan yang berhijab sangat rentan mengalami masalah pada rambut, keluhan yang paling sering dialami adalah tentang kerontokan, rambut berminyak, ketombe, dan bau tak sedap. Fakta ilmiah menunjukan, jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan kurangnya sirkulasi udara dalam rambut sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.

Pergi ke salon menjadi salah satu rutinitas yang penting bagi sebagian wanita termasuk yang berhijab untuk merawat rambut. Tapi jika dengan pergi ke salon menyita waktu dan mengharuskan anda merogoh kocek dalam-dalam, di artikel ini dijelaskan cara merawat rambut sehat untuk perempuan berhijab tanpa harus pergi ke salon.

 

Berikut tips agar rambut yang anda miliki tetap sehat meskipun sedang dalam keadaan berhijab :

 

1. Rajin Keramas

Keramas yang teratur akan membersihkan rambut anda dari kuman dan ketombe. Varian shampoo yang beredar sudah banyak macamnya, mulai dari shampoo anti ketombe, anti rambut berminyak, dan masih banyak lagi akan mempermudah anda dalam merawat rambut sendiri. Untuk perawatan rambut anda diharuskan memilih shampoo yang cocok dengan jenis rambut anda, jika tidak cocok jangan langsung memutuskan untuk gonta ganti shampoo. Keramas baiknya dilakukan seminggu tiga kali dengan menggunakan conditioner untuk hasil lebih maksimal.

2. Pilih Bahan Hijab

Bahan yang digunakan untuk hijab anda juga menjadi salah satu faktor yang membuat rambut anda bisa jadi lebih sehat. Misalnya saja dalam keadaan anda beraktivitas di tengah terik matahari yang panas, maka disarankan agar anda memilih bahan hijab yang lebih mudah untuk menyerap keringat yang keluar. Selain itu, usahakan untuk tidak memakai hijab yang ketat karena mengurangi optimalnya sirkulasi udara pada rambut.

3. Menyisir Rambut

Perlunya menyisir rambut adalah sekaligus untuk melancarkan peredaran darah di kepala. Karena dengan berhijab rambut menjadi terhimpit dan sulit untuk bernafas, maka menyisir rambut rutin sangat baik untuk mencegah kerusakan rambut. Jika anda seorang yang sibuk anda bisa lakukan aktifitas ini ketika sebelum atau sesudah shalat.

4. Gunakan Vitamin Rambut

Pada dasarnya tidak hanya kulit yang membutuhkan asupan vitamin, akan tetapi rambut pun membutuhkan zat tersebut. Vitamin rambut kemasan kini sudah banyak tersedia bahkan di warung-warung kecil, pemakaian vitamin rambut juga harus sesuai dengan jenis dan teratur pemakaiannya. Vitamin yang baik akan menangkal kotoran dan ketombe serta mencegah kerontokan pada rambut.

5. Pastikan Rambut Benar-Benar Kering

Langkah ini pastinya disarankan pada saat anda selesai keramas. Anda tidak dianjurkan untuk cepat menggunakan hijab yang anda miliki akan tetapi pastikan bahwa rambut anda telah benar-benar tidak berair lagi atau benar-benar kering. Hal ini sendiri mencegah agar rambut anda tidak ditumbuhi jamur dan gatal.

Comments

comments

Rambut Sehat Untuk Perempuan Berhijab

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>