Bulan puasa menjadi momentum dimana kita berserah diri kepadaNya. Puasa adalah ladang pahala bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa maka insya Allah pahala akan melimpah baginya. Namun sejalan dengan itu, puasa harus tetap dilaksanakan dengan norma dan kaidah yang sudah ada.

Bersabar adalah salah satu kuncinya, seperti yang orang tua kita selalu katakan sedari kita kecil bahwa puasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar tapi juga menahan emosi dan hawa nafsu.

Bulan puasa juga kadang menjadi alasan untuk mereka yang tidak kuat menahan hawa nafsu itu sendiri, tak jarang kita melihat restoran yang jendelanya tertutup kain tapi kebanyakan disitu terlihat sepatu laki-laki, dan alasan klasik yang paling sering digunakan adalah “haus” dan “lemas”.

Untuk mereka yang bekerja, puasa seharusnya bisa dijadikan momentum untuk lebih baik. Karena pada dasarnya bekerja adalah ibadah dan di bulan puasa ini setiap ibadah yang kita lakukan akan mendapat pahala yang berlipat. Maka alangkah lebih baik untuk melakukan ibadah dengan ikhlas.

Persoalan utama untuk orang yang bekerja sambil berpuasa adalah mengantuk, malas, dan tidak bersemangat. Mengantuk saat bekerja mungkin hampir pasti dirasakan oleh semua orang apalagi untuk yang duduk nyaman didalam sebuah ruangan ber-AC.

Selain itu malas juga menjadi salah satu kendala saat bekerja di bulan puasa, tubuh yang lemas membuat kita menjadi malas untuk melakukan kegiatan. Tapi tetap semangat dalam bekerja adalah tuntutan, karena mau tak mau keluhan-keluhan seperti ini tidak boleh mengganggu produktivitas bekerja.

Berikut tips tetap semangat bekerja di bulan puasa:

1. Optimalkan waktu tidur

Karena bekerja menguras banyak tenaga, mengoptimalkan jam tidur sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh di bulan puasa ini. Waktu yang tepat untuk beristirahat adalah seusai ibadah terawih. Karena waktu istirahat yang cukup menunjang stamina untuk keesokan harinya.

2. Tebar senyum

berikan senyuman kepada semua rekan anda di kantor, menurut riset dari universitas ternama di amerika setiap anda senyum maka harapan hidup anda akan lebih panjang karena senyum menularkan energi positif bagi setiap orang.

3. Berbagi keceriaan bersama rekan kerja

“Why so serious?”, quote menarik dari Joker salah seorang penjahat di film superhero Batman, quote Joker ini cocok disematkan pada orang-orang yang bekerja terlalu serius dengan pandangan lurus kepada layar komputer. Cobalah sesekali untuk bercanda (dalam porsi yang wajar) atau mungkin bawa keceriaan dari luar ke dalam kantor agar energi positif yang anda bawa tertular kepada rekan kerja anda.

4. Selingi pekerjaan dengan sesuatu yang sifatnya entertaining

Bermain game di smartphone atau di PC/laptop anda mungkin bisa menghilangkan kepenatan sementara, tapi ya seperti yang tadi disebutkan (dalam porsi yang wajar). Atau bisa diselingi dengan chat atau membuka website yg menghibur seperti youtube, soundlcloud, atau 9gag

5. Manfaatkan waktu shalat

Waktu dzuhur adalah waktu yang paling membuat para pekerja kantoran jenuh, di waktu ini rasa kantuk menyerang, jenuh, dan jam menuju pulang pun masih lama. Ketika adzan berkumandang, baiknya kita pergi ke musholla dan shalat berjamaah, kemudian selesai shalat berjaamaah kita mempunyai waktu sedikit untuk beristirahat walaupun hanya meregangkan otot dan menghirup udara segar.

Dengan begitu insya Allah kita masih bisa bekerja dengan semangat yang tinggi. Selamat mencoba, semoga tetap semangat dalam bekerja dan semoga puasa anda dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Aamiin.

Comments

comments

Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>